Jumat, 06 Januari 2012

contoh sederhana program menggunakan java






Untuk mengaktifkan program. Pertama klik start, pilih all program dan klik program notepad ++. Setelah membuka program, karna listingnya pertama dan kedua sama tetapi beda di output saja, saya akan member salah satu listing, yaitu listing yang pertama, kemudian saya mengetik di notepad ++  sama seperti di listing, import javax.swing.* untuk membuat program JoptionPane, lalu saya mengetik int x=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan banyak elemen A"));String [] a=new String[x];int y=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukan banyak elemen B"));String [] b=newString[y];Stringv=JOptionPane.showInputDialog("elemen A ke-"+(i+1));String w=JOptionPane.showInputDialog("elemen B ke-"+(i+1)); untuk membuat window kecil yang meminta input dari keyboard, saya melambangkan himpunan A dengan huruf v, sedangkan untuk anggota himpunan A dilambangkan dengan i, sedangkan untuk himpunan B dengan huruf w, sedangkan untuk anggota himpunan B dilambangkan dengan i, untuk membatasi anggota masing-masing himpunan saya menggunakan for(i=0;i<x;i++) pada himpunan A yang berarti jumlah anggota himpunan A tidak bisa melebihi x, sedangkan untuk himpunan B saya menggunakan for(i=0;i<y;i++), untuk mengambil keputusan bahwa program ingin mengambil irisan dari himpunan A dan himpunan B, maka saya menulis  if(a[i].equals(b[j])),
Selanjutnya program akan mengeluarkan output di Command prompt, untuk mengeluarkan output anggota himpunan A saya menulis System.out.print(" A = {"); for(i=0;i<x;i++), System.out.print(a[i]); if(i!=(x-1)) System.out.print(",");,System.out.println("}"); begitu juga untuk mengeluarkan anggota himpunan B saya menulis System.out.print(" B = {"); for(i=0;i<y;i++), System.out.print(b[i]); if(i!=(y-1)),  System.out.print(",");System.out.println("}"); lalu  jika nilai K sudah sama saya menulis if (k==0) ( nilai K adalah irisan dari himpunan ), setelah itu untuk mengeluarkan output irisan dari himpunan A dan himpunan B saya menulis System.out.print("A n B = {"); for(i=0;i<k;i++), System.out.print(c[i]); if(i!=(k-1)), System.out.print(",");,System.out.println("}");
Setelah mengetik, saya save dengan nama yang sama pada public class (Himpunan), dan ditambah . java setelah nama class, jadi seperti ini Himpunan.java. Setelah menulis nama file, saya mengubah tipe file dari txt  menjadi java, dan saya mengesavenya di D: .
Setelah di save, saya membuka Command prompt di start, pilih all program, kemudian sorot accessories dan pilih program Command prompt. Setelah membuka program, saya mengetik  seperti di bawah ini
Pertama akan muncul C:\Document and Setting\c kumell>, karna saya mengesave di data D, maka saya tulis D:, sehingga muncul tulisan
C:\Document and Setting>d:, setelah itu saya enter lagi maka muncul tulisan
D:\>
Setelah muncul saya mengetik javac Himpunan.java (Himpunan.java adalah nama file) maka menjadi
D:\> javac Himpunan.java
Setelah itu saya enter maka muncul tulisan
D:\>
Kemudian saya mengetik java Himpunan maka muncul
D:\> java Himpunan
Setelah itu saya enter kembali maka muncul out putnya




6 komentar:

  1. bang... saya MABA GUNDAR nih TI..

    buat bikin LP pertama saya ada soal buat program sederhana make JAVA,,, kira2 ini bisa dipake gak yaa....

    BalasHapus
  2. bang kalo ini di aplikasikan di netbean bisa work gk ??

    BalasHapus
  3. bisa bro .. coba langsung di eksekusi aja..

    BalasHapus
  4. bang gua anak maba di gundar... gak ada yang lebih simple lagi bang???

    BalasHapus